Friday, June 22, 2012

5 Syndrome Medis yang Langka

Beberapa syndrome medis yang langka, ternyata telah menyerang atau diidap oleh beberapa orang di dunia ini. Begitu banyak reaksi yang timbul dari syndrome-syndrome ini, tak terkecuali dari mereka para ilmuwan dan ahli medis dan juga tentunya jurnalis. Tak heran, kadang-kadang ketika keunikan berkembang menjadi sesuatu yang terlalu aneh, ia meninggalkan stigma dalam pikiran kita yang takjub. Berikut beberapa keajaiban medis yang menarik untuk anda cermati:


1. Manusia Pohon dari Indonesia
Dede Koswara adalah salah satu dari 200 orang yang terinfeksi Lewandowsky-Lutz dysplasia, sebuah penyakit langka pada kulit yang diakibatkan oleh human papillomavirus.. Dede Koswara, 35, dari Tanjung Jaya, provinsi Jawa Barat, Indonesia, terinfeksi kelainan kulit langka yang menyebabkan pertumbuhan jaringan kulit keriput seperti kutil yang tumbuh di tangan dan kakinya. Tim Dokter dari RS Hasan Sadikin, Bandung telah melakukan serangkaian operasi bertahap guna mengangkat “kulit”nya tersebut. Namun, kutil itu telah kembali dan tampaknya Dede membutuhkan operasi tahunan sepanjang hidupnya untuk menjaga pertumbuhan kutilnya agar tidak semakin membesar. Kutil tersebut mulai muncul di tubuhnya ketika ia masih remaja dan membuatnya mendapatkan julukan “manusia pohon”.

 


2. Si Kulit Lentur
Garry Turner dari Caistor, Lincolnshire, Inggris, saat ini memegang rekor sebagai manusia yang memiliki kulit lentur hingga 15.8cm/6.25 “. Garry memiliki kondisi medis yang langka yang disebut Elhers-Danlos Syndrome, gangguan jaringan ikat yang mempengaruhi kulit, ligamen dan organ internal. Dalam kondisi ini, kolagen yang memperkuat kulit dan menentukan elastisitasnya menjadi rusak, sehingga, antara lain, melonggarkan kulit, dan hipermobilitas sendi. Meskipun Garry nampak “menikmati” kelenturannya, tetapi dalam beberapa kasus, dapat menyebabkan kondisi fatal dimana pecahnya pembuluh darah.
  


 
3. Tumor Hidung
Fei Jianjun, 40, menderita rhinocarcinoma, di sebuah rumah sakit di Changchun di provinsi Jilin Cina pada 19 Agustus, 2010. Kondisi ini dmulai pada September 2009, ketika sebuah jerawat muncul tepat di ujung hidungnya. Tetapi anehnya “jerawat” tersebut, tidak pernah berhenti tumbuh. Dia terus membesar dan mulai merubah struktur wajahnya, terutama mendorong matanya hingga ke samping. Hal itu mengakibatkan, Fei Jianjun kehilangan penglihatannya. Tim dokter di Rumah Sakit Militer Jilin, pada pertengahan Agustus 2010 silam mengobservasi penyakit Fei, hingga berkesimpulan bahwa ia akan mati dalam waktu enam bulan jika tidak dilakukan perawatan segera. Para dokter telah merencanakan untuk terapi radiasi untuk mengecilkan tumor, diikuti dengan langkah operasi plastik di wajahnya.






4. Binaragawan Terkecil di Dunia
Aditya “Romeo” Dev, dari India, beratnya sekitar £ 20 dan tinggi 2 kaki, 9 inci. Tetapi uniknya, Romeo dapat memikul beban barbel 1,5 kg, suatu prestasi penting lainnya hingga 9kg. Meskipun belum dipublikasikan dalam sebuah buku Guinness World Records, pada tahun 2006 mereka mengenalinya sebagai “binaragawan terkecil di dunia”. Pada tahun 2008, Aditya didiagnosis mengidap aneurisma, yang jika tidak ditangani, bisa menjadi ancaman serius bagi hidupnya. Aneurisma dan Moyamoya adalah gejala umum dari sindrom MOPD II, yang merupakan penyebab dwarfisme. Meskipun demikian tubuh Romeo proporsional, memiliki kepala 38 cm (15 “) dan dada dari 51 cm (20″).






5. Fetus In Fetu atau Kembar Prasit
Dengan kurang dari 100 kasus kembar parasit di dunia, sudah pasti merupakan suatu keajaiban medis saat ini. Fetus in fetu adalah kelainan perkembangan pada suatu massa jaringan yang menyerupai bentuk janin di dalam tubuh. Ada dua teori tentang asal “fetus in fetu”. Satu teori bahwa massa dimulai sebagai janin normal tetapi menjadi terbungkus di dalam kembarannya. Teori lainnya adalah bahwa massa adalah tumor yang sangat maju. “Fetus  in fetu” diperkirakan terjadi pada 1 dari 500.000 kelahiran hidup.(**)



healthytimesblog.com, uniknya.com

No comments:

Post a Comment